Pilihan Bunga Toko Bunga Cinta

Deluxe Flower Bouquet Elegant Table Flower Deluxe Table Flowers Roses Truly Spectacular
Bunga Mawar Dalam Vas Chic with Olivia Style Fresh Moment Arrangement Classic & Respectful

Standing Flower Sympathy and Condolences Flower Congratulation Flower Condolences Flower


Baby Born Flower Lily Casablanca in Vase Tulip Collection

Khasiat Bunga Matahari Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat bunga matahari – bunga matahari merupakan tanaman hias yang biasa ditanam di depan rumah, bunga yang bentuknya sama dengan matahari ini memiliki nama latin Helianthus annuus Linn, yang termasuk dalam famili Compositae. Bunga matahari ini bukan hanya berguna untuk tanaman hias saja, namun juga bisa digunakan untuk obat.
Bunga matahari memiliki kandungan kimia seperti: echinocystic acid, Quercimeritrin, oleanolic acid, dan helianthoside (A,B,C). Dalam biji matahari juga ada kandungan kimianya seperti: Beta-sitosterol, chlorogenic acid, prostaglandin E, phytin, quinic acid, dan  3,4-benzopyrene.
Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, bunga, biji dan akar. Daunnya  digunakan untuk mengobati malaria. Bagian bunganya bermanfaat untuk pengobatan mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala, tekanan darah tinggi, pusing, nyeri menstruasi (dysmenorrhoe), sakit gigi, nyeri lambung (gastric pain), sulit melahirkan, radang payudara (mastitis), rheumatik (arthritis).
Bagian bijinya dapat digunakan untuk menambah nafsu makan, sakit kepala, lesu, disenteri berdarah, campak. Sementara Akar bunga matahari memiliki berkhasiat untuk mengobati infeksi saluran kencing, batuk rejan (pertussis), keputihan (leucorrhoe), radang saluran nafas (bronchitis).
Bunga matahari juga dimanfaatkan untuk obat tradisional, barikut contoh pemanfaatannya: Untuk mengobati sakit kepala, caranya ambil 30 gram bunga matahari, rebus dengan satu butir telur ayam, telur ayam jangan dipecahkan. Kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Setelah itu minum air resbusan tadi sebanyak dua kali sesudah makan.
Untuk mengobati rematik, caranya rebus satu tangkai kepala bunga matahari hingga menjadi kanji. Setelah itu tempelkan kanji itu pada bagian yang sakit. Untuk Mengobati disentri, caranya seduhlah 30 gram biji bunga matahari, kemudian tim selama kurang lebih satu jam. Tunggu sampai dingin, kemudian tambahkan gula merah, lalu minum.

Untuk Melancarkan buang air besar dan kecil, caranya rebus 15- 30 gram akar bunga matahari yang segar, kemudian minumlah airnya. Sebagai obat infeksi saluran kencing, rebuslah 30 gram bunga matahari yang masih segar, ketika akan mendidih cepat diangkat, dan minumlah selagi masih hangat. Demikian uraian mengenai Khasiat bunga matahari.